Komunitas Literasi Bedah Buku Karya Putra-putri Bumi Wali

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di Puja Sera Gedung Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga Kabupaten Tuban, Komunitas Literasi di Bumi Wali sebutan Kabupaten Tuban menggelar kegiatan Bedah Buku 24 Jam Non Stop yang berlangsung dari Senin-Selasa (24-25/12/2018).

Bedah buku dengan tema 'Merumahkan Literasi di Bumi Wali' ini digelar dalam rangka untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Terlebih, kondisi masyarakat saat ini sedang darurat membaca, dalam arti membaca namun tidak dilakukan secara penuh.

Selain itu, kegiatan ini digelar lantaran Komunitas Literasi di Kabupaten Tuban prihatin, melihat masyarakat yang menyikapi informasi di Media Sosial (Medsos) dengan gagap atau tidak dengan membaca secara penuh, yang bisa menimbulkan dampak negatif.

"Dalam kegiatan ini kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat," terang Ketua Panitia Pelaksana, Mutholibin kepada blokTuban.com.

Dijelaskan Mutholibin, dalam kegiatan bedah buku selama 24 jam Non Stop ini, Komunitas Literasi di Kabupaten Tuban akan memamerkan kurang lebih 20 buku karya putra-putri asli dari Kabupaten Tuban.

"Kegiatan ini ada kurang lebih sebanyak 20 buku dengan judul berbeda-beda yang akan kami bedah, dengan peserta semua elemen, kita undang termasuk organisasi mahasiswa yang ada di Tuban," imbuh Mutholibin.

Dia berharap pasca adanya kegiatan ini masyarakat di Kabupaten Tuban membudayakan literasi di, bukan hanya di bidang pembukuan, namun juga dalam bidang ekonomi, hukum, bisnis dan masih banyak yang lain.

Diketahui, dalam kegiatan ini didukung juga oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban, Dewan Kesenian, Media, serta komunitas literasi. [hud/rom]