4.000 Pohon untuk Pesisir Pantai

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Untuk kesekian kalinya PT Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field menanam pohon. Kali ini sebanyak 4.000 batang pohon terdiri dari pohon bakau (mangrove) dan cemara ditanam di pesisir pantai utara (pantura) di Desa Jenu Kecamatan Tuban. Penanaman bekerjasama dengan Mangrove Center, Senin (26/11/2018) siang. 

‘’Penanaman mangrove ini agar ekosistem laut tumbuh, udang-udang, ikan dan biota laut kembali muncul,. Penanaman juga untuk penyelamatan ekosistem pesisir pantai, ‘’ ujar perwakilan manajemen PT Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Jason Purba.

Pembukaan penanaman dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bambang Irawan, Camat Jenu M. Maftuchien Riza serta pihak terkait lainnya. Usai pembukaan dilakukan penanaman secara bersama-sama. Pada tamu dan undangan wajib menanam satu pohon.

Kepala DLH Bambang Irawan memberikan apresiasi pada Pertamina EP atas kegiatan pelestarian pesisir tersebut. Hanya, dia mengingatkan, agar kegiatan penanaman pohon tidak hanya seremonial. Tapi, harus dievaluasi dan terwujud.

‘’Berapa yang terwujud  atas kegiatan itu harus ada laporannya. CSR diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat. Harus bisa memandirikan masyarakat, ada evaluaai yang hidup berapa dari yang ditanam itu,’’ ujarnya.

Menurut dia, pesisir Tuban punya panjang pantai 65 kilometer (KM). Setiap tahun ditanami 100 meter misalnya, tidak lama akan tertutup tanaman jikia dikeroyok oleh perusahaan-perusahaan di Tuban. Perusahaan, kata dia, tidak hanya menggarap pesisir saja, namun di sekitar lokasi pabrik juga harus diutamakan. 

‘’Banyak sumber air, banyak wilayah yang terkena pelebaran jalan dan banyak tanaman kena. Harus kembali ditanami agar tetap  hijau. Dengan adanya evaluasi dan laporan kalau nominasi proper goal kami bisa mendukung dengan data-data valid,’’ tandasnya.

Sementara Ketua Mangrove Center Ali Mansur mengatakan, lokasi penanaman kali ini di pinggir sungai. Agar peserta tanam bisa melihat bagaimana kondisi sungai di Jenu. Sehingga bisa bersemangat untuk melestarikan. Setiap kegiatan tanam, kata dia, selalu ada evaluasi tiap bulan. Dari 65 KM panjang pantai di Tuban, saat ini sudah 19,8 KM yang sudah hijau dan sudah ditanami. 

‘’ Pertamina EP budayanya adalah peduli lingkungan dan selalu melibatkan Mangrove Center. Untuk yang kerjasama dengan kami, syaratnya ketat. Satu bulan setelah tanam kami disurve, kalau misalnya minta 100 pohon, namun setelah tanam  mati 50 pohon, maka pohon yang mati harus dibeli,’’ tegasnya.[ono]