Pesta Rakyat, Jadi Obat Rindu Masa Lalu

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hiburan Rakyat Janggrung dan Pagelaran Ludruk dijadwalkan mengisi acara Pesta Rakyat, Gelar Budaya, dan Kuliner bareng Pertamina  pada hari kedua, Sabtu (17/11/2018) malam. Selain jadi hiburan gratis keluarga, Pagelaran Budaya ini diklaim jadi pengobat rindu suasana masa lalu.

Salah satu pengunjung, Yuli (45) misalnya, ia datang ke jantung kota Tuban ini bersama kerabatnya sejak sore sekitar pukul 16.30 wib. Warga Karang Indah, Semanding itu sengaja datang untuk mencari hiburan yang tersaji di hari terakhir Pesta Rakyat bareng Pertamina ini.

"Tiga keluarga rombongan. 16.30 Wib tadi sudah sampai sini untuk cari hiburan," ucapnya saat ditemui blokTuban.com di depan panggung hiburan sembari duduk di atas tikar daun pandan, khas zaman old.

Hal senada juga dilontarkan pengunjung lain, Sriatin, yang mengaku ingin bernostalgia menyaksikan pertunjukan ludruk. Wanita 64 tahun ini sudah kangen dengan hiburan khas Jawa Timur ini, sebab biasanya hanya bisa mendengarkan lewat radio dan menyaksikan lewat televisi.

"Biasanya kan nikmati ludruk hanya mendengar lewat radio dan dilihat dari TV. Alhamdulillah malam ini bisa langsung lihat karena ada pesta rakyat," tutur mantan seniman wayang orang tersebut.

Untuk bisa menyaksikan ludruk dengan 'Gayeng' Yayasan Sedulur Pena (YSP) selaku mitra Pertamina menyiapkan tikar untuk bersantai bersama keluarga. Untuk yang memegang kupon, juga bisa menikmati makanan gratis sambil lesehan. [rof/rom]