EMCL Resmi Buka Kegiatan Gerakan Penanaman Pohon Pesisir Pantai

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di halaman SMKN Palang, Kabupaten Tuban, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan SKK Migas yang menggandeng Yayasan El-Sal resmi membuka program penghijauan di wilayah pesisir pantai Tuban, Rabu (31/10/2018).

Acara pembukaan tersebut turut dihadiri oleh Direktur EMCL, Staf Ahli Pemkab Tuban, Dinas Lingkungan Hidup, Forkopimcam Palang, HSNI, Organisasi Kepemudaan serta ratusan pelajar SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat yang ada di kecamatan setempat.

Direktur EMCL Ihwan Arifin mengungkapkan, kegiatan penanaman pohon di kawasan pesisir pantai yang dilalui pipa minyak ini merupakan salah satu kontribusi dari perusahaan kepada masyarakat yang berada di kawasan operasi pipa.

"Ini merupakan salah satu kontribusi perusahaan kepada masyarakat yang berada di operasi pipa," terang Ihwan dalam sambutanya.

Sementara itu, Bupati Tuban yang diwakili oleh Staf Ahli mengapiresiasi atas terselenggaranya program gerakan menanam pohon ini. Menurutnya selain ini adalah program kemasyarakatan, ini juga merupakan kontribusi yang nyata dari perusahaan untuk peduli terhadap lingkungan. 

"Pemkab Tuban sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena ini salah satu kegiatan peduli terhadap lingkungan," kata Kartono.

Dalam kesempatan itu, Direktur El-Sal Ahmad Shohib mengatakan, gerakan penanaman pohon dengan mengusung tema 'Hijau Itu Sehat' ini bertujuan untuk menyelamatkan pantai. Karena selama ini kondisi pantai ada yang terkena abrasi.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menyelamatkan pantai, karena beberapa kawasan pantai terjadi abrasi" tandas Shohib.

Ditambahkan Shohib, dalam program penanaman pohon ini ada sebanyak 3.000 pohon jenis mangrove dan cemara pantai yang penanamanya akan di fokuskan pada pantai Desa Karangagung, dan Leran Kulon.[hud/dy]