Bangun Jaringan Listrik di Dermalang, PLN Tuban Terkendala?

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Terkait perkembangan jaringan listrik yang ada di Dusun Endromalang/Dermalang, Desa Mlangi, Kecamatan Widang, Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Tuban rupanya telah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi hal tersebut. Namun begitu, dalam proses pelaksaannya sempat diselimuti kendala.

Usai dikonfirmasi blokTuban.com tentang perihal itu, pihak PLN Tuban mengaku tengah menangani pekerjaan penarikan jaringan baru. Proses pengajuan yang dilakukan antara rentang waktu Agustus hingga awal September 2018 lalu, akhir Oktober ini baru bisa dikerjakan 75% saja.

"Memang secara progres pekerjaan sudah 75 persen, tapi kita belum bisa melanjutkan karena ada kendala," kata Puguh selaku Supervisor PLN Rayon Tuban, Rabu (31/10/2018).

Dijelaskannya lagi, kendala yang dialami saat penyambungan salah satunya sebab ada permohonan lain yang baru masuk. Sekitar lokasi pekerjaan sambungan jaringan listrik, sedikit banyak masih bersinggungan dengan wilayah proyek Jabung Ring Dyke (JRD) yang sempat diwarnai kasus korupsi beberapa tahun silam.

Pihaknya juga berharap supaya kendala-kendala yang ada bisa cepat terselesaikan dengan baik. Mengingat, salah satu unsur kendala tersebut juga berhubungan dengan struktur birokrasi. Dari sinilah peran pemerintah kiranya bisa menjadi penengah.

"Intinya, PLN 100 persen siap mengaliri listrik," serunya bersemangat.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Mlangi juga membenarkan perihal yang ada. Dari pihak Solo Hilir atas proyek Waduk JRD terus digencarkan komunikasi yang baik, supaya penambahan jaringan listrik lekas terselesaikan.

"Alhamdulillah, ini masih ada pekerjaan tadi. Doakan lancar," ungkap Kusnan, Kades Mlangi. [feb/col]