Saat Ini Tuban Memiliki 200 BUMDes

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung. Dana penyertaan modal tersebut berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset.

Jasa pelayanan dan usaha lainnya BUMDes untuk kesejahteraan masyarakat desa. Hal itu sesuai Undang-undang (UU) No 6 Tahun 2014.

BUMDes dibentuk oleh pemerintahan desa untuk mendayagunakan seluruh potensi ekonomi, kelembagaan perekonomian serta potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia. BUMDes diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Di Kabupaten Tuban, dari 311 desa saat ini sudah ada 200 BUMDes. Padahal tahun kemarin (2017) baru terbentuk 18. Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan KB (Dispemas-KB) Kabupaten Tuban, Mahmudi, Selasa (16/10/2018).

"Ini berkat kerjasama yang baik antara Dispemas-KB dengan pendamping P3MD, sehingga saat ini BUMDes yang sudah terbentuk sebanyak 200," kata Mahmudi saat membuka acara Peningkatan Kapasitas SDM BUMDes di salah satu Hotel di Tuban, Selasa (16/10/2018) sore.

Selain itu, saat ini di Bumi Wali sebutan Kabupaten Tuban juga telah terbentuk tiga BUMDes bersama. Padahal sebelumnya baru ada satu.

Pihaknya juga mengaku terus meningkatkan pengembangan dan pemberdayaan BUMDes yang sudah terbentuk. Sehingga ia menyatakan tidak hanya dibentuk saja langsung selesai, namun ada tindaklanjut.

"Saat ini juga ada tiga BUMDes bersama yang sudah terbentuk, yaitu di Kecamatan Widang, Bancar dan Montong. Semoga kedepan bisa bertambah," ucapnya menambahkan. [rof/rom]