Dinkoperindag Wacanakan Pelatihan Wirausaha untuk Napi

Reporter: Nidya Marfis H.

bloktuban.com - Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Dinkoperindag) ingin memberikan pelatihan wirausaha kepada mantan Narapidana. Program ini bisa terlaksana tentunya ketika bekerja sama dengan pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Kasi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), D.A.V Nugraha mengatakan, keinginanya bekerja sama dengan Lapas untuk memberikan pelatihan bagi mantan Narapidana karena selama ini mereka masih dipandang sebelah mata.

"Saat ini kami sedang melakukan koordinasi dengan Lapas, orang yang habis keluar dari penjara biasanya akan sulit mencari pekerjaan," ungkap Nugraha.

Sasaran utama yang akan dibina antara lain mantan Napi Narkoba. Alasannya, mereka adalah korban dan untuk keluar dari jerat Nakorba juga cukup sulit dan butuh proses salah satunya dengan mengembangkan aktivitas ekonomi.

"Untuk itu kita ingin memberikan pelatihan untuk mereka agar setelah mereka keluar mereka mempunyai keterampilan dan bisa menata hidupnya untuk menjadi lebih baik lagi," ungkapnya. [nid/lis]