Usaha Mikro di Tuban Capai Puluhan Ribu

Reporter: Nidya Marfis H.

bloktuban.com - Jumlah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tuban semakin pesat. Seiring peningkatan yang terjadi, generasi muda menjadi sasaran utamanya. Saat ini UMKM mikro di Bumi Wali mencapai 29000 usaha.

Kasi Pengembangan UMKM, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban, D.A.V Nugraha mengungkapkan, saat ini terdapat 29.000 engusaha UMKM Mikro dengan sektor paling banyak di bidang kuliner yakni usaha makan dan minuman.

"Dengan presentase kira-kira 15 persen sektor kerajinan, 15 persen sektor batik, 10 persen sektor jasa dan selebihnya sektor makan dan minuman," ungkap Nugraha.

Generasi muda atau anak muda menjadi tujuan utama UMKM karena generasi muda lebih cenderung kreatif dan inovatif. Untuk itu sekarang Kabupaten Tuban sedang mengalangakan terutama di Universitas-Universitas yang ada di Kabupaten Tuban agar mahasisawa berbondong-bondong membuat suatu kreasi untuk berwirausaha.

"Saat ini Kabupaten Tuban mengalangkan anak muda untuk berwirausaha dan hal ini mendapatakan respon positif terbukti saat di Car Free Day(CFD) banyak anak muda yang berjualan dengan berbagai macam produknya kami memang memberikan spes di CFD untuk anak muda yang ingin menjual produknya," ungkapnya.

Pihaknya berpesan kepada generasi muda jangan berhenti untuk berkreasi karena di situlah muncul jiwa kepemudaan mumpung masih muda teruslah berkarya,berinovasi dan berkreasi. "Seperti slogan yang sering kita dengar akhir-akhir ini anak muda harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dari pada bekerja menjadi pegawai," ujarnya. [nid/col]