Desa di Kabupaten Tuban yang Mengalami Kekeringan Bertambah

Repoter : Nidya Marfis H.


blokTuban.com - Update terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) desa di Kabupaten Tuban yang mengalami kekeringang bertambah lagi.

Kepala bidang(Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Gaguk Hariyanto mengatakan saat ini desa di Kabupaten Tuban mengalami kekeringan bertambah menjadi 34 desa dari 10 Kecamatan.

"Hingga detik ini kekeringan di Kabupaten Tuban bertambah satu desa lagi yaitu di Desa Dagangan,Kecamatan Parengan"ungkapnya.

Selain itu, dia juga menjawab pertanyan warga mengapa droping air tidak bisa dilakukan tiap dua hari sekali di desa yang mengalami kekeringan. Hal itu dikarenakan armada mobil tangki air yang dimiliki BPBD masih minim yaitu 3 unit.

Di Kabupaten Tuban ini desa yang mengalami kekeringan berjumlah 34 desa sedangkan mobilnya hanya tiga sedangkan apabila BPBD melakukan droping ke suatu desa tidak hanya sekali minimal dua kali.

"Dalam sehari kita hanya mampu melakukan 4 desa, secara kalkulasinya dari 34 desa di bagi 4 desa untuk sehari hasilnya kurang lebih 8 maka dari itu untuk kembali droping ke desa tersebut paling cepat 8 hari lagi,"ungkap Gaguk.

Menurut Badan Meteologi, Klimatologi dan Geofisika(BMKG) untuk bulan September ini kita berada di puncak kemarau kemungkinan untuk turun hujan pada akir bulan Oktober atau awal November. [nid/ito]