17 Relawan Tuban Diberangkatkan ke Lombok

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana memberangkatkan sebanyak 17 relawan dari Sekretariat Bersama (Sekber) relawan penanggulangan bencana Kabupaten Tuban ke Lombok, NTT.

Dalam kesempatan itu, Sekda memberikan apresiasi kepada relawan di Kabupaten Tuban yang mempunyai rasa kemanusiaan dan kepedulian tinggi terhadap korban bencana gempa bumi yang melanda Lombok.

"Ini merupakan tugas kemanusiaan yang sangat baik, tidak hanya di Tuban melainkan juga daerah lain. Selain itu, pemberangkatan relawan ini juga sebagai wujud amal bhakti dan kepedulian kepada sesama,” kata Sekda dalam sambutanya.

Lebih lanjut, Sekda mengungkapkan, tim relawan juga telah menjadi Duta Kabupaten Tuban. Oleh karena itu harus mematuhi standar Oprasional Prosedur (SOP) yang berlaku serta dituntut untuk memberikan pertolongan dan mencari informasi pemotretan yang nantinya akan digunakan menjadi bahan pertimbangan.

"Sebagai dasar pengiriman bantuan tindak lanjut jika memang nanti diperlukan,” tambah Sekda.

Menurut Sekda, selain Sekber Tuban, Pemkab Tuban juga telah mengirimkan bantuan dari Tagana, LAZISNU, Organisasi Perangkat Desa (OPD), serta perusahaan di Kabupaten Tuban. Bantuan tersebut dikoordinir oleh Dinsos P3A Kabupaten Tuban.

Sementara itu, Ketua Sekber penanggulangan bencana Kabupaten Tuban, Didik Utomo menyampaikan, dengan mengirimkan sebanyak 17 orang relawan. Jadi sampai saat ini total semua sudah ada 24 relawan yang dikirim ke Lombok.

"Relawan ada yang dari Pemerintahan, Polri, Kejaksaan, dan Sipil. Ada juga ahli pertukangan serta ahli listrik,” ujar Didik.

Lebih lanjut Didik menambahkan, untuk bantuan yang dibawa saat ini merupakan donasi dari seluruh masyarakat Kabupaten Tuban yang terkumpul sejak 15 Agustus lalu. Donasi sendiri dilakukan di pasar, car free day dan ketika ada kegiatan lain yang banyak didatangi masyarakat.

“Donasi yang terkumpul mencapai 150 juta dan langsung kami belanja untuk bantuan untuk korban Lombok,” pungkasnya.[hud/col]