BPBD Tuban Dropping Air ke Sejumlah Desa

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Senin (10/9/2018), kembali mendistribusikan air bersih ke sejumlah desa yang terdampak kekeringan pada musim kemarau.

Kali ini, petugas mendistribusikan air bersih ke wilayah Kecamatan Montong, yakni di Desa Guwoterus. Selain itu, pendistribusian air bersih juga dilakukan di Desa Dagangan, Kecamatan Parengan serta di Desa Jadi dan Dusun Tlogopule, Desa Prunggahan, Kecamatan Semanding.

"Kali ini kita dropping air ke desa-desa yang membutuhkan. Setiap desa kita kirim 2 sampai 3 truk tangki air bersih," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono.

Menurut mantan Camat Widang tersebut, pengiriman air bersih ini sesuai dengan pengajuan dan permintaan dari Pemerintah Kecamatan, yang kemudian ditindaklanjuti oleh petugas BPBD Tuban.

Sementara itu, Camat Montong Suwoto saat dikonfirmasi mengatakan, bila saat ini tiga desa di wilayah Kecamatan Montong, yakni Desa Maindu, Desa Nguluhan dan Desa Guwoterus sudah masuk dalam daftar pendistribusian air bersih dimusim kemarau ini.

"Desa Maindu, Desa Nguluhan dan Desa Guwoterus sudah mendapatkan dropping air dari BPBD Tuban," kata Camat.

Dia juga menegaskan, jika tiga desa di Kecamatan Montong yang sudah didropping air bersih tersebut sebetulnya masih mempunyai sumber mata air yang cukup. Namun karena faktor teknis yakni sambungan kebel dari PLN yang masih kurang membuat pompa air tidak maksimal.

"Kades sudah berkoordinasi dengan Kepala PLN, dan pada akhir bulan september ini kabel sudah tersambung sehingga tidak ada lagi kendala teknis," pungkasnya. [hud/rom]