Ini Penjelasan Badan POM Soal Keripik Jamur 'Snack Good'

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Akhir-akhir ini, sebuah pesan berantai atau broadcast tentang peredaran keripik jamur mengandung narkotika bermerek 'Snack Good' beredar di beberapa Group WhatsApp. Makanan tersebut disebutkan, bila dikonsumsi dapat menyebabkan efek halusinasi.

Menanggapi hal itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan penjelasan melalui akun resminya di Instagram (IG). Ada lima poin penjelasan yang berhasil dihimpun blokTuban.com, Kamis (6/9/2018).

Yang pertama, menurut Badan POM, keripik jamur 'Snack Good' dibuat dari jamur psilosibin dikenal sebagai 'Magic Mushroom'. Jamur tersebut dapat tumbuh secara alami di kotoran hewan, lumut, ranting atau kayu busuk.

"Mengingat jamur tersebut tumbuh di kotoran hewan maka dikenal sebagai jamur tahi sapi," tulis Badan POM di akun IG bpom_ri.

Yang kedua, Berdasarkan literatur, jamur tahi sapi memgandung bahan aktif psilosibin dan psilosina yang termasuk narkotika golongan I.

Penjelasan ketiga, Psilosibin memiliki sifat halusinansi. Yaitu dapat mengubah suasana hati (mood), mengubah persepsi diri dan atau dunia sekeliling serta meluapkan perasaan baik rasa senang (euforia) maupun rasa sedih (depresi).

Keempat, berdasarkan hasil penelusuran data pendaftaran, produk ini tidak terdaftar atau tidak mempunyai izin edar, baik nomor izin edar Badan POM (MD) maupun nomor izin dari dinas kesehatan (PIRT). Sehingga oleh Badan POM dapat dikategorikan sebagai produk pangan ilegal.

Yang kelima, Badan POM bersama instansi terkait, akan terus mendalami kasus ini. Hal itu untuk mencegah beredarnya produk yang dapat berpotensi buruk terhadap kesehatan. [rof/ito]


Berikut Broadcast Peredaran Keripik Jamur Mengandung Narkotika:

Tersebar luas info seperti ini:

Yth ;
Ka BNN, Irtama, Para Deputi, Para Irwil, Para Direktur, Para Karo, Kapuslitdatin dan Kabag Humas....

• Mhn ijin melaporkan bahwa Lab BNN telah menguji sampel keripik jamur yg dikirimkan Dit IV Narkoba Polri pada Hari Rabu sore dan selesai dianalisis Kamis siang, dengan hasil ; POSITIF MENGANDUNG PSILOSIN
( Gol 1 Narkotika)
Hati2 ... ini kripik ternyata mengandung NARKOBA.. makanya home made .. sdh dicek oleh BNN

# Paraaah.. segala cara dilakukan utk menghancurkan generasi muda , agar penjualan narkoba lancar terus terus terus tak pernah putus

Kripik Jamur ini banyak dijual di Bandung.

Sampaikan kepada anak2 / keponakan / siapapun , terutama yg suka ngemil jejamuran utk tidak coba makan snack jamur ini