Reporter: Nidya Marfis H.

bloktuban.com - Berkat komunikasi yang baik destinasi wisata di Kabupaten Tuban berkembang pesat selama 2-3 tahun terakhir ini. Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata,Kebudayaan,Pemuda dan Olahraga (Diparbudpora) Suwanto(50) mengatakan, berkat respon dan animo masyarakat yang tinggi 2 hingga 3 tahun ini tempat wista di Kabupaten Tuban berkembang signifikan.

"Kita meyakinkan mereka dari sisi aspek ekspektasi harapan masyarakat ketika pemerintah memberikan perhatian yang memadai dibarengi dengan bantuan mulai dari peralatan, promosi sampai pembinaan SDM mereka akan semakin percaya diri dan mereka mulai berpikir bagaimana potensi desa mereka dikemas menjadi wisata," ungkapnya.

Bak gayung bersambut, desa-desa yang memiliki potensi malah meminta untuk mefasilitasi dan juga ingin tahu tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mengembangkan wisata yang ada di desa mereka. Seperti pantai kelapa yang dulunya hanya untuk bumi perkemahan setelah dilakukan pendekatan dengan pemilik tanah dan masyarakat setempat akhirnya kita terbentuk kelompok peduli wisata (Pokdarwis).

"Kunci dari wisata yaitu kembali kemasyarakat, masyarakat sebagai pelaku utama menjadi dasar bagimana wisata bisa berkembang di sisi lain kami menyambut harapan masyarakat yang mengalami kebuntuan akan mengembangkan potensi wista di desanya dan ini kita kemas, kita bantu seperti ngelirep watu wondo, agro wista belimbing dan pantai kelapa," jelasnya.

Pihak dinas terus berupaya mendorong tumbuh pesatnya wisata di Tuban berharap dengan majunya wisata banyaknya kunjungan akan menimbulkan dampak ekonomi bagi masyarakat secara luas. Yang terpenting di dalam wisata masyarakat bisa merasakan dampak ekonomi secara luas sehingga bisa terbentuk jaringan transportasi juga tumbuh sektor-sektor baru. [nid/col]