18 Desa di Tuban Terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan

Reporter: Nidya Marfis H.

bloktuban.com - 18 desa dari 328 desa di Kabupaten Tuban telah terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan(BABS) atau Open Defecation Free (ODF).

Hal itu disampaikan, Plt Dinas Kesehatan Kabupten Tuban Hj.Endah Nurul Kumarijati, menurutnya, 18 desa di Tuban sudah masuk desa ODF. Desa-desa tersebut tersebar Kecamatan Jenu, Kecamatan Jatirogo dan Kecamatan Montong. Sebagai kelanjutan, pihak Dinkes terus melakukan pemantauan serta menyediakan fasilitator untuk melatih masyarakat terkait ODF.

"Kami membentuk Fasilitator dan telah melatih mereka. Jadi tiap Puskesmas di desa ada lima orang fasilitator sanitasi total berbasis masyarakat yang terdiri dari tenagan kesehatan dan tokoh masyarakat lalu melakukan pemicuan pada kelompok masyarakat dari situ timbul berbagai kesepakatan masyarakat," ungkap Endah.

Dari pemicu tersebut timbul berbagai kesepakatan dimasyarakat untuk mewujudkan ODF di desa seperti sistem arisan, gotong royong membangun bersama dan ada juga yang mendapatkan bantuan dana dari perusahaan tertentu. Plt Dinkes juga berharap 1 hingga 2 tahun ke depan Kabupaten Tuban sudah bebas dari BABS.

"Semoga tahun depan semakin bertambah lebih banyak lagi desa yang ODF dan partisipasi masyarakat dan dunia usaha saya rasa akan sangat membantu," imbuhnya. [nid/col]