Sakit, Satu Jemaah Haji Pulang Lebih Awal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Satu jemaah haji bernama Kastari Kadaimandoko, asal Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban di pulangkan lebih awal (Tanazul) dari jadwal yang ditentukan sebelumnya lantaran mengalami sakit.

Jemaah tersebut mengalami sakit, setelah melalui berbagai rangkaian haji di tanah suci Makkah. Hal itu dimungkinkan terjadi karena pengaruh cuaca di Makkah yang saat ini memang sedang musim panas.

Kepala Kemenag Tuban, Sahid saat dikonfirmasi membenarkan adanya satu jemaah haji yang pulang awal lantaran sakit.

"Iya satu jemaah haji yang sakit sudah diterbangkan dari bandara Makkah bersama kloter 06 SUB Jember, dan sekarang pihak keluarga dan dari Kemenag sudah berada di Juanda untuk menjemput," ujar Sahid saat ditemui di kantornya, Rabu (29/8/2018).

Diketahui, Kastari merupakan jemaah haji kloter 42 yang seharusnya pulang ke Indonesia pada (11/9/2018). Meski sakit, Kastari telah usai melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji.

Sekadar diketahui, jamaah haji diberangkatkan dari Tuban sebanyak 1.009 jamaah, dari jumlah tersebut terbagi menjadi tiga kloter yakni 42, 43 dan 44. Sedangkan jadwal kepulangan mereka besuk pada 10 dan 11 September 2018.[hud/col]