Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Masih dalam semarak kemeriahan Hati Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia, berbagai gelaran karnaval dihelat masing-masing wilayah kecamatan.

Kali ini giliran wilayah Kecamatan Grabagan, dimana meriahnya agenda pengisi kemerdekaan diikuti oleh masyarakat umum, pelajar SMA sederajat, dan SMP sederajat.

Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Grabagan melalui seksi Karnaval mengungkapkan, kegiatan yang di titik pusatkan di lapangan Desa Grabagan, Kecamatan Grabagan tersebut secara umum memiliki tema bebas dan berkaitan dengan ragam budaya.

"Masing-masing regu temanya beda. Bebas, tapi sesuai momen," ujar Suyono selaku PHBN Kecamatan Grabagan seksi Karnaval.

Sejumlah kelompok karnaval telah mempersiapkan diri jauh-jauh hari untuk berpartisipasi. Hal tersebut nampak pada pernik, aksesoris, juga hiasan pawai yang beraneka ragam.

Banyak diantara mereka yang berbusana dan membawakan keciri-khasan budaya tradisi, seperti adat Jawa, Papua, Sumatra, dan budaya unik daerah lain, juga komunitas-komunitas pemuda desa Kecamatan Grabagan.

Lebih dari 20 kelompok pawai karnaval tersebut memulai start di lapangan Desa Grabagan, kemudian ke timur dan belok ke utara lewat depan Kantor Kecamatan Grabagan. Peserta menyapa masyarakat dan melewati Desa Hesikan, lalu arah Pasar Wage, dan finish di titik awal start.

Dari kegiatan rutin tadi, pihaknya berharap supaya masyarakat dan pemuda tetap melestarikan budaya bangsa. Meningkatkan semangat hidup berbangsa, dengan mengadakan aktivitas maupun kegiatan positif lainnya.

"Puncak acara juga akan kita adakan tanggal 1 September nanti. Ada pentas seni, dan hiburan masyarakat," tutup Yono kepada blokTuban.com. [feb/ito]