Sedekah Laut, Tradisi Warga Gesikharjo yang Tetap Lestari

Repoter : Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Melestarikan tradisi, nelayan Dusun Rembes, Kelurahan Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban melakukan acara tahunan yaitu sedekah laut, . pagi tadi Minggu (26/8/2018). Terhitung sekitar 70 perahu milik nelayan setempat mengikuti acara tersebut.

Ponijan(47) nelayan setempat mengatakan, sejak pagi para nelayan telah melakukan persiapan dan membawa tumpeng untuk dimakan di atas perahu. Setelah itu, menjelang siang ada pula hiburan musik serta nanti malam digelar tasyakuran sekaligus pengajian.

"Acara sedekah laut ini acara tahunan mulai dari pagi arak-arakan terus siangnya orkes dangdut dan malamnya tasyukuran sekaligus pengajian. Acara ini bertujuan agar nelayan saat menyang mendapatkan keselamatan dan ikan yang didapat semakin melimpah,"ungkap Ponijan.

Untuk menyelenggarakan kegiatan sedekah laut, para nelayan mengumpulkan uang yang hasilnya digunakan untuk mempersiapkan kegiatan.

"Beda daerah kan beda cara kalau disini acaranya sederhana karena acara ini kan hasil iuran nelayan dan nelayan di sini kesehariannya menyang perorangan perahunya juga kecil. Yang penting acara ini bertujuan untuk mendapatkan berkah dari Tuhan agar diberi keselamatan serta kelancaran saat menyang dan ikannya makin melimpah," ungkap Milda(20) seorang nelayan. [nid/col]