Tingkatkan Kapasitas, PLD Tuban Ikuti Pelatihan PID

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka mendukung Program Inovasi Desa (PID) tahun 2018, sepuluh orang Pendamping Lokal Desa (PLD) Kabupaten Tuban mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur. Mereka dijadwalkan ikut pelatihan di empat hotel yang bertempat di Kabupaten Malang Jawa Timur selama 4 hari.

"Dari Tuban ada 10 orang PLD, terdiri dari 3 perempuan dan 7 laki-laki," terang Koordinator Pendamping Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Tuban, Muhimmuddin, Sabtu (25/8/2018).

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, pelatihan peningkatan kapasitas PLD yang digelar oleh Satker P3MD Provinsi Jawa Timur ini dibagi menjadi dua gelombang.

Gelombang pertama dibuka pada Jumat (24/8/2018) Pukul 19.00 WIB dan akan ditutup pada Senin (27/8/2018) mendatang. Sedangkan gelombang dua dijadwalkan mukai Selasa (28/8/2018) hingga Jum'at (31/8/2018).

Sementara itu pelatihan peningkatan kapasitas PLD ada di 4 tempat. Lokasinya antara lain di hotel Ibis Styles, Jl. Letjen S. Parman No. 45, Kota Malang, Hotel 101 OJ, Jl. Dr. Cipto No. 11, Kota Malang, Hotel Solaris, Jl. Raya karanglo No. 69, Singosari, Kabupaten Malang, dan Hotel Regent's Park Jl. Jaksa Agung Suprapto No.12-16, Kota Malang.

Muhim, sapaan akrabnya berharap setelah ikut pelatihan ada peningkatan pengetahuan dan ketrampilan atau skill pada diri PLD. Sehingga setelah pelatihan nanti, ilmunya dapat diterapkan di masing-masing desa dampingan, alhasil pemanfaatan Dana Desa lebih berkualitas dan inovatif.

"Kami harapkan setelah ikut pelatihan ada peningkatan pengetahuan dan skill, khususnya terkait Inovasi Desa, untuk kemudian dapat diterapkan dalam proses fasilitasi di tingkat lapangan," harap mantan Sekretaris PC GP Ansor Tuban ini. [rof/ito]