Ini Identitas WNA yang Menyusup Masuk PT. Holcim

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tiga orang Warga Negara Asing (WNA) asal China menyusup masuk ke area PT. Holcim yang berada di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Kamis (23/8/2018). Mereka masuk ke area PT. Holcim tanpa diketahui jelas apa maksud dan tujuannya.

Aksi ketiga WNA tersebut akhirnya diketahui oleh security yang berjaga di pos pintu masuk PT. Holcim siang itu. Tak pelak, mereka kemudian diamankan untuk dimintai keterangan dan dilaporkan ke Tim Pengawas Orang Asing (Pora) Kabupaten Tuban.

"Benar ada 3 WNA Asal China yang menyelundup masuk ke PT. Holcim yang bersembunyi dari belakang truk, kemudian diketahui oleh security yang berjaga," kata Plt. Kepala Kesbangpol Kabupaten Tuban, Joko Sarwono usai memintai keterangan kepada tiga WNA di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jumat (24/8/2018).

Dalam dokumen paspor yang mereka bawa, ketiga WNA tersebut bernama Yao Shuwei lahir di Henan, pada 08 Juli 1996, Wang Chongyang lahir di Hebei, pada 18 Februari 1988 dan Wu Qianbin lahir di Zhe Jiang, pada 04 Maret 1981.

"Mereka bisa menunjukkan dokumen yang mereka bawa berupa paspor serta visa. Namun Visa yang mereka punya bukan visa kerja melainkan kunjungan," terang Joko.

Oleh karena itu, sesuai dengan prosedur Tim Pora Kabupaten Tuban akan membawa ketiganya ke imigrasi yang ada di Surabaya.

Selanjutnya, Tim Pora kabupaten juga telah menyampaikan kepada ketiga WNA tersebut agar nantinya bisa berkomunikasi dengan Konsulat Jenderal China yang ada di Surabaya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah melalui pesan Watshapp, Corporate Communication East Java and East Indonesia PT. Holcim, Indriani Siswati membenarkan adanya 3 WNA asal China yang diamankan oleh security PT. Holcim.

"Benar, kami tidak dapat memberikan statement berkaitan dengan keberadaan mereka, karena memang di luar wewenang dan pengetahuan kami. WNA yang bekerja ataupun berkunjung di Holcim tentunya sudah memiliki dokumen lengkap sesuai dengan peraturan perundangan," pungkasnya saat dikonfirmasi.[hud/rom]