Manfaatkan Momen, Banyak Orang Mendadak Jadi Pengusaha Hewan Kurban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Idul Adha menjadi berkah tersendiri bagi Pegawai Honorer UPT Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Bojonegoro di Bangilan, Eko Kristanto dan Guru Honorer, Ahmad Fatihuddin asal Sidodadi, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. Sebab, dengan adanya momen kurban, mereka mencari peluang usaha dengan jualan kambing jenis Jawa maupun Gibas.

Tanto, sapaan Eko Kristanto saat ditemui di kandangnya mengaku, setiap momen Idul Adha ia mampu menjual kisaran 25 ekor kambing jenis Jawa. Bahkan hingga H-1 kandang yang berada di RT 1 RW 3 Dusun Soto, Sidodadi tersebut masih dikunjungi pembeli.

"Alhamdulillah sudah tiga tahun ini, bisa memanfaatkan momen kurban dengan jualan kambing jenis Jawa ini," kisah Tanto dengan santai di kandangnya, Selasa (21/8/2018).

Bapak dua anak ini mengaku, setiap enam bulan menjelang Idul Adha ia mencari bakalan di pasar maupun di peternakan petani lainnya. Setelah didapat, bibitan tersebut digemukkan sendiri dengan memanfaatkan pakan fermentasi dari limbah pertanian.

"Lumayan bisa tambah penghasilan, sambil aktivitas di UPT PSDA Bojonegoro di Bangilan," ucapnya menambahkan.

Hal senada juga dilontarkan seorang GTT di salah satu SDN di Kecamatan Jatirogo, Fatihuddin. Pria lajang ini selama satu bulan bisa mengeluarkan 20 ekor kambing dari kandangnya.

Pria yang kerab disapa Udin ini mengaku kambing yang dijual jenis Gibas dan Jawa. Sebab, ia menyesuaikan pasaran yang ada.

"Ya untung lah, hari ini tadi saja bisa jual 4 ekor kambing," tutur Udin.

Diketahui pula, selain melayani penjualan ritel secara langsung di tempat, mereka juga menawarkan dagangannya melalui jalur online. Sebab, di era milenial seperti saat ini harus pandai mencari peluang. [rof/col]