Kembangkan BUMDes, PATRADAYA Tingkatkan Partisipasi Warga

Pengirim: Afrizal Rizkillah

blokTuban.com - Pengembangan desa k earah lebih baik tentu dibutuhkan juga partisipasi warga desa setempat. Hal ini yang mendorong pula terselenggaranya kegiatan Sosialisasi Program Aksi Kemitraan Untuk Pemberdayaan Masyarakat (PATRADAYA) di Balai Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban , Senin Pagi (20/8/2018). Dalam program ini dilakukan pembangunan pagar dan gedung milik Desa Pekuwon yang nantinya diperuntukkan untuk pengembangan BUM (Badan Usaha Milik) Desa.

Dalam agenda sosialisasi yang dikemas dengan rembug bersama ini hadir sejumlah warga desa yang terdiri dari unsur Pemerintah Desa, BPD, Karang Taruna, Tokoh Agama dan masyarakat sekitar.

Hadir pula perwakilan dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Operator Migas Blok Cepu selaku pendukung penuh Program PATRADAYA dan difasilitasi FOSPORA (Forum Studi Pengembangan Potensi Daerah) serta pembentukan Tim Pelaksana dari partisipasi warga desa setempat.

“Pembangunan pagar dan gedung ini mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan desa ke arah lebih baik”, ungkap perwakilan EMCL, Andi Widianto.

Diungkapkan juga oleh perwakilan FOSPORA, Kamari Muslim yang berharap dengan adanya partisipasi warga desa sekitar dalam pembentukan tim pelaksana diharapkan pembangunan bisa lancar dan cepat selesai untuk dirasakan manfaatnya bersama. Terutama demi pembangan BUM Desa yang nantinya akan dikelola oleh masyarakat bersama.

"Dengan adanya partisipasi aktif dari warga desa dalam pembangunan, hal ini bisa mempercepat terselesainya pekerjaan", ungkapnya. [col]