DPP Tuban Temukan Hewan Kurban Terkena Gejala Penyakit Ringan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban, Senin (20/8/2018) melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan hewan kurban di sejumalah peternakan dan lapak penjualan hewan yang berada di Kabupaten Tuban, Senin (20/8/2018).

Dalam pemeriksaan yang bertujuan untuk mencegah dini adanya kemungkinan hewan kurban yang terjangkit penyakit berbahaya tersebut, petugas DPP Tuban menemukan hewan kurban jenis kambing yang terjangkit gejala penyakit ringan.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Basoeki Tjahyono menjelaskan, ada hewan yang terkena gejala penyakit ringan seperti pilek dan itu tidak membahayakan.

"Tapi kami tetap menyarankan kepada peternak agar hewan tersebut disendirikan dan kita juga melakukan pengobatan, sehingga gejala penyakit ringan ini bisa tertanggulangi hingga hari H nanti," ungkapnya.

Menurut Basoeki, selama pemeriksaan hewan ini dilakukan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap sebanyak 200 ekor kambing dan 100 ekor sapi dan tidak ditemukan hewan kurban yang terkena gejala penyakit-penyakit yang membahayakan.

Hal itu dikarenakan, hewan kurban baik sapi maupun kambing ini kebanyakan dari peternak lokal di Kabupaten Tuban sendiri, sehingga tidak ditemukan adanya gejala penyakit yang berbahaya. 

"Selama kita melakukan pemeriksaan tidak ditemukan gejala penyakit yang membahayakan," tambahnya. [hud/ito]