DPP Tuban Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang datangnya Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di sejumalah peternakan dan lapak penjualan hewan kurban, Senin (20/8/2018).

Pemeriksaan hewan tersebut dilakukan oleh petugas sejak empat hari yang lalu, sebagai upaya pencegahan dini adanya kemungkinan hewan kurban baik sapi atau pun kambing yang terjangkit penyakit berbaya.

"Pemeriksaan hewan ini sudah kita mulai sejak tanggal 16 yang lalu dan sudah ada sekitar 7 tempat penjualan hewan kurban yang sudah kita lakukan pemeriksaan," kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan Basoeki Tjahyono, kepada sejumlah awak media usai pemeriksaan hewan.

Lebih lanjut, pemeriksaan hewan kurban tersebut nantinya akan di tindak lanjuti hingga tanggal 21 besok di tempat-tempat yang menyelenggarakan pemotongan hewan kurban. Karena, biasanya hewan kurban dikirim ke tempat penyembelihan pada sore hari.

"Kita akan terus melakukan pemeriksaan sampai hari H nanti, sampai proses penyembelihan serta daging-dagingnya kita periksa," pungkasnya.[hud/ito]