DPR RI dan Dinkes Sosialisasikan Pengendalian Penyakit Tidak Menular

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di Gedung KSPKP, Kabupaten Tuban, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) Dapil IX Tuban-Bojonegoro Fraksi PDIP, Abidin Fikri bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban melakukan sosialisasi pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular melalui Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) kepada ratusan warga Tuban, Minggu (19/8/2018).

Dalam sosialisasi tersebut, turut hadir pula Kasi pembuluh darah Subdit PPJD - PTM P2P Juzi Deliana, Kasi PTM Dinkes Provinsi Jatim Bambang Purwanto, dan Plt Kadis Kesehatan Tuban, Endah Nuruk K.

Pada kesempatan itu, DPR-RI Dapil IX Tuban-Bojonegoro Abidin Frikri menyampaikan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Tuban agar selalu menerapkan pola hidup sehat.

Hal itu dikarenakan adanya perubahan perkembangan penyakit di Indonesia, yang mana saat ini penyakit yang tidak menular lebih dominan dibandingkan dengan penyakit yang menular.

"Ada perubahan perkembangan penyakit di Indonesia, kalau dulu penyakit menular seperti TBC sangat banyak tetapi akhir-akhir ini penyakit yang tidak menular seperti Hipertensi dan Strok juga banyak," kata Abidin Fikri saat sambutan.

Sementara itu, Endah Nurul Khomariyati menjelaskan, pada kegiatan sosialisasi ini mengajak kepada masyarakat di Kabupaten Tuban untuk mengingat kembali betapa pentingnya gerakan masyarakat hidup sehat, baik aktifitas fisik teratur maupun membudayakan makan buah dan sayur.

"Diharapkan, dengan adanya sosialisasi ini masyarakat Tuban sadar bahwa gerakan masyarakat hidup sehat serta makan buah-buahan dan sayur-sayuran itu penting," pungkas Endah.[hud/col]