11 Agenda Bakal Meriahkan HUT RI di Socorejo 

 

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Sedikitnya ada sebelas agenda yang akan digelar pemerintah desa (Pemdes) Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia (RI). Acara di Desa ring satu pelabuhan Semen Gresik ini akan dimulai Senin (20/8/2018) hingga Senin (24/9/2018).

Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim menjelaskan, agenda tersebut disiapkan sebagai ungkapan rasa cinta tanah air masyarakat Socorejo yang notabene adalah petani dan nelayan. Selain itu pihaknya berharap dengan aneka ragam kebudayaan yang dipertontonkan dapat mengembangkan potensi desa.

"Agendanya ada pentas seni, Socorejo bersolawat, ketoprak, fashion show, lomba masak kue, karaoke, perahu hias, bazar dan tongklek, karnaval serta gerak jalan juga tidak ketinggalan," jelas Kang Arief, sapaan akrabnya, Sabtu (18/8/2018).

Acara ini dikatakan Kang Arif, terbuka untuk umum. Masyarakat luas bisa ikut hadir untuk meramaikan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ini. 

Tentu biayanya tidak sedikit untuk bisa mewujudkan kegiatan yang bergam ini. Agar berhasil maksimal, lanjut dia panitia menganggarkan sekitar Rp90 juta. Namun hal itu lebih kecil tahun sebelumnya yang mencapai Rp140 juta.

"Untuk tahun 2017 kemarin anggaran PHBN dan orkes Adella samapai RP140 juta. Untuk tahun ini anggaran turun menjadi Rp90 juta lantaran diganti pertunjukan ketoprak," kata Kades muda ini. 

Dari mana anggaran semua ini? Pihaknya mengaku dari swadaya masyarakat, APBDesa, dan perusahaan di sekitar desa. 

"Sumber dana yang kita pakai dari Swadaya masyarakat, dari APBDes 25%, dari PT SG 25%, dari IKSG, SILOG, KIT, HOLCIM dan PT Lokal 25%," ucap Alumni PMII Jogjakarta ini menjelentrehkan. [rof/ito]