Di Atas Tumpukan Sampah, Pemulung Tuban Turut Upacara Bendera

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puluhan Pemulung di Tuban bersama petugas pengelola Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunung Panggung Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73.

Dengan menggunakan pakaian yang biasanya digunakan untuk bekerja itu, mereka melaksanakan kegiatan upacara tersebut di atas tumpukan sampah yang berada di TPA Gunung Panggung dengan harapan bangsa Indonesia terus maju dan sejahtera.

Salah satu pemulung bernama Marni, mengaku bangga karena selamai ini bisa memanfaatkan sampah yang masih bisa didaur ulang. Selain itu, profesi yang beberapa tahun dilakoninya ini telah mampu menghidupi keluarga serta menyekolahkan anaknya.

"Kami sebagai warga Indonesia gembira usia kemerdekaan negara ini telah masuk ke-73, semoga Indonesia terus maju dan menyejahterakan rakyatnya," ujar Marni, Jumat (17/8/2018).

Sementara itu menurut Arwin Mustofa, selaku Kepala Bidang (Kabid) pengolahan sampah dan pengelolaan limbah B3 DLH menuturkan, pelaksanaan upacara ini sebagai wujud bakti untuk memperingati HUT kemwrdekaan RI ke-73.

"Di TPA juga banyak pahlawan sampah. Karena beliau menggali dan mengolah kembali sampah," jelas Arwin.

Lebih lanjut selain itu, dia juga mengimbau, agar sebanyak 60 pemulung yang ada di TPA ini untuk selalu mengutamakan keselamatannya dalam bekerja. "Utamakan keselamatan supaya tetap sehat, demi keluarga di rumah," tandasnya.

Diketahui, setelah upacara tersebut selesai dilaksanakan, petugas TPA Gunung Panggung bersama puluhan pemulung langsung menggelar acara potong tumpeng.[hud/col]