Berikut Tips Pilih Hewan Kurban dari DPP

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban, mengimbau kepada masyarakat Tuban agar lebih teliti saat memilih hewan yang akan dipotong untuk kurban satu minggu mendatang.

Terlebih mendekati Hari Raya Idul Adha ini, penjual hewan kurban di pasar lebih membludak dibandingkan dengan hari-hari biasanya, tak jarang para penjual hewan tersebut juga memberikan saran yang kurang tepat.

Menurut DPP Tuban, melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Imron Kholiq, dalam pemilihan hewan kurban masyarakat diimbau hendaknya memperhatikan tiga poin penting. Di antaranya adalah hewan kurban tidak mengalami cacat fisik.

"Hewan yang dikurbankan hendaknya tidak mengalami cacat fisik," kata Imron Kholiq saat ditemui blokTuban.com, Selasa (14/8/2018).

Kemudian, hewan yang akan dipotong untuk kurban juga harus sehat. Dalam arti sehat ini tidak mengalami sakit pada mata maupun sakit pada bagian fisik yang lainnya.

Selanjutnya, hewan yang akan dipakai kurban juga harus memenuhi syarat dan kaidah dari perintah agama Islam, baik terkait dengan umur hewan maupun yang lain.

"Hewan kurban harus sudah umur/powel, powel dapat dilihat dari susunan giginya. Untuk umur sapi antara 1-2 tahun, sedangkan Kambing sekitar 8 bulan ke atas," pungkasnya.[hud/col]