Warga Bektiharjo Tangkap Ular Piton Sepanjang 5 Meter

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Warga Dusun Krajan, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban berhasil melakukan penangkapan seekor ular piton sepanjang kurang lebih lima meter di pinggir sungai desa setempat.

Penangkapan ular piton yang memiliki motif bunga-bunga serta memiliki berat sekitar 30 kilogram tersebut bermula saat salah satu warga sekitar bernama Sriatun (52), hendak buang air kecil di sungai pada, Minggu (12/8/2018) malam hari.

"Malam itu, Sriatun mengira kepala ular piton itu sebuah kayu kemudian pas saat didekati ternyata kepala ular yang nempel di batu" cerita Untung salah satu warga setempat.

Sontak, Sriatun kaget dan berteriak meminta tolong kepada warga sekitar. Akhirnya warga beramai-ramai menuju sungai untuk melakukan penangkapan ular tersebut.

Menurut Untung, proses penangkapan itu pun memerlukan waktu hingga satu jam lebih karena ular tersebut melawan dan bersembunyi di pinggir sungai.

"Setelah sekitar satu jam, akhirnya ular tersebut berhasil ditangkap oleh warga kemudian dimasukkan di dalam karung beras," ungkap untung

Sementara itu, Tasrip yang tidak lain adalah seorang pawang ular di desa setempat menuturkan penangkapan ular jenis piton dengan ukuran besar ini sudah yang kesembilan kalinya.

Selain itu, menurut Tasrip ular tersebut muncul keluar untuk mencari mangsa, terutama ternak ayam milik warga karena beberapa waktu lalu ada warga yang kehilangan ayam. "Sering kali ayam hilang dan warga curiga kalau itu dimakan ular" tandas Tasrip.

Diketahui, ular yang ditangkap saat ini dipelihara oleh Tasrip warga setempat dan puluhan warga pun hingga saat ini masih banyak yang berdatangan karena penasaran untuk melihatnya.[hud/lis]