Ditinggal Tidur, Rumah Warga Leranwetan Terbakar

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Rumah keluarga Warsilan warga RT/03 RW/01 Desa Leranwetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (11/8/2018) malam terbakar. Kebakaran tersebut terjadi ketika dua anak Warsilan yakni Mujiono dan Sholeh sedang tertidur pulas di dalam kamar.

Beruntung, dalam kejadian tersebut Warsilan berhasil membangunkan keduanya sebelum si jago merah yang melalap rumahnya membesar, sehingga tidak ada korban jiwa.

Berdasarkan keterangan petugas, kebakaran itu bermula saat kedua anaknya Mujiono (40) dan Sholeh (35) sedang tidur di dalam kamar. Tak lama berselang, Warsilan mengetahui ada asap keluar dari dapur dan kobaran api terus membesar lantaran rumah korban terbuat dari kayu.

"Mengetahui ada asap dan api, Warsilan membangunkan kedua anaknya untuk diajak keluar rumah,” kata Joko Ludiono.

Setelah itu, warga sekitar yang mengetahui ada kobaran api di dalam rumah Warsilan berusaha memadamkan kobaran api dengan menggunakan alat seadanya. Namun usaha warga tak membuahkan hasil, dan api terus membesar, sehingga kejadian itu dilaporkan petugas.

Mendapat adaya laporan kebakaran, petugas BPBD Tuban langsung turun ke lokasi kejadian untuk menjinakan api. Akhirnya kobaran api berhasil dipadamkan dengan bantuan warga dan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar).

“Diduga indikasi penyebab kebakaran rumah adalah api bediang dari kandang sapi,” terangnya.

Lebih lanjut Joko mengatakan, saat terjadi kebakaran kedua anak Warsilan sedang tidur di kamar. Mengetahui ada asap, kedua anaknya langsung dibangunkan dan diajak keluar rumah. “Kedua anak Warsilan berhasil diselamatkan, dan kerugian materi sekitar Rp25 juta akibat kebakaran tersebut,” jelasnya.[hud/col]