Pemdes Ngrejeng Optimalkan Potensi Wisata Religi Daerah

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Tak mau tertinggal dengan wilayah lain yang terus mengembangkan potensi lokal, Pemerintah Desa (Pemdes) Ngrejeng, kecamatan Grabagan ‎terus menggebut pembangunan desa.

Lewat potensi gunung Rengit yang juga bersemayam makam tokoh penyiar agama Islam Syekh Shodiqo, segenap warga masyarakat beserta pemdes setempat secara bertahap mengembangkan salah satu titik tertinggi Kabupaten Tuban itu.

"Sementara baru pengembangan saja. Kita buat konsep kekinian, yang cocok untuk anak muda dan umum supaya nyaman," terang Kepala Desa (Kades) Ngrejeng, Bahrul Ulum kepada blokTuban.com, Rabu (8/8/2018).

Lebih lanjut, Kades menambahkan, sementara pada tahun 2018 wilayah puncak di Ngrejeng tersebut hanya dilakukan pemerataan lahan. Jauh sebelumnya, kontur tanah pada perbukitan kapur wilayah itu memiliki keadaan yang curam yang kurang rata.

Akses jalan menuju makam pun hanya sebatas 4 meter dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua ke puncak. Sementara, kendaraan roda empat harus parkir di dekat rumah-rumah warga saat acara haul ataupun perayaan sedekah bumi.

Di samping pemerataan halaman bukit Rengit, sejumlah sisi bangunan, seperti anak tangga menuju makam beserta tembok yang mengitari bangunan puncak diberikan sentuhan warna cerah berkonsep shufle fun colour mengikuti tren masa kini.

Material pasir,batu koral, dan besi rakitan masih berserakan di depan halaman wisata alam berbasis religi itu. Bagian tembok di sisi barat dibuat semi lepas pemandangan alam. Hal itu sebagai upaya demi memaksimalkan potensi wisata lokal yang dimiliki desa.

"Saat ini sedang buat tempat ‎untuk istirahat pengunjung, buat santai lah. Kalau sudah jadi benar, bisa buat spot foto dan refreshing masyarakat umum di puncak sini," pungkasnya yang saat itu sedang berada dilokasi gunung Rengit. [feb/col]