Tinjau Lokasi Penemuan Goa, Wabup Minta Masyarakat Turut Amankan Goa

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Wakil Bupati (Wabup) Tuban, H. Noor Nahar Hussein bersama Kadisparbudpora, DLH dan BPBD Kabupaten Tuban, Selasa (7/8/2018) siang meninjau lokasi penemuan goa yang berada di areal tambang batu kapur Dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Dalam kesempatan itu, Wabup menjelaskan agenda peninjauan lokasi goa ini bertujuan untuk mengumpulkan data, yang mana data tersebut akan digunakan sebagai kajian lebih lanjut pada goa yang memiliki panjang lorong sekitar 214 meter ini.

"Peninjauan ini dalam rangka mengumpulkan data secara topologi, geologi maupun kajian lingkungan,” kata Wabup saat di lokasi goa, Selasa (07/08/2018).

Lebih lanjut, beberapa hari lalu kelompok pecinta alam telah berhasil masuk dan melakukan pemetaan di dalam goa. Hasilnya, diketahui di dalam goa tersebut banyak ditemukan keindahan ornamen stalagtit dan stalagmit yang khas.

Selain itu, dari pemetaan itu ditemukan juga ornamen-ornamen yang langka dan tidak ditemui di setiap goa. Oleh karena itu, penemuan goa yang tidak disengaja ini merupakan sebuah aset Pemerintah Desa (Pemdes) Jadi, Kecamatan Semanding yang sangat perlu diamankan.

"Saya minta kepada masyarakat dan Pemdes Jadi untuk mengamankan goa ini, agar tidak rusak sebelum kita ketahui apakah goa ini di konservasi atau dijadikan sebuah destinasi wisata," pungkas Wabup.[hud/col]