Panjang Goa Capai Ratusan Meter

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Warga Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dihebohkan dengan penemuan sebuah lorong goa yang berada di dalam lokasi tambang batu kapur desa setempat, Kamis (2/8/2018) sore kemarin.

Sudaryono (35), warga yang pertama menemukan lorong goa tersebut mengatakan, setelah dipasang tangga dan ditelusuri, lebar gua tersebut mencapai sekitar 20 meter dan dan panjang mencapai sekitar 250 meter lebih.

"Tadi di cek sampai sekitar 250 meter, kemudian kembali karena minim oksigen," terang Sudaryono saat berada di lokasi, Jumat (3/8/2018).

Lebih lanjut Sudaryono mengatakan, untuk kedalaman goa sendiri bila dihitung dari atas permukaan tanah sampai dengan tanah yang berada di dasar gua kurang lebih mencapai sekitar 20 meter.

Pihaknya mengaku, dengan eksotisme keindahaan relief batu stalagtit dan stalagmit yang masih alami tersebut dapat dikembangkan menjadi salah satu tempat destinasi wisata alam.

"Untuk sementara dibiarkan dulu, sambil melihat peluang wisata ke depan," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, penemuan goa itu berawal saat Sudaryono beserta empat rekanya melakukan aktifitas penambangan seperti biasanya dengan menggunakan serkel.

Tiba-tiba saat melakukan aktifitas menambang, muncul sebuah lubang kecil yang mengeluarkan angin. Mengetahui itu, kemudian lubang diperlebar bersama rekannya.[hud/ito]