Wow... Ada Sapi Berbobot 1,25 Ton di PEDA KTNA Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bukan hanya berbagai produk unggulan pertanian saja yang dipamerkan pada acara Pekan Daerah (PEDA) ke IV yang diselenggarakan oleh Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Tuban Tahun 2018. 

Namun, pada event yang bertempat di Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Rabu (1/8/2018) tersebut, Kelompok Peternakan Jenggala Tani Bangkit Desa Talun juga memamerkan produk unggulanya. 

Kelompok peternakan ini memamerkan sapi dari hasil peternakannya yang memiliki bobot hingga 1 ton lebih. "Empat sapi ini masing-masing mempunyai bobot hingga 1 ton lebih," terang Wahudin, selaku Koordinator Kelompok Peternakan Jenggala Tani Bangkit Desa Talun.

Lebih lanjut, menurut Wahudin, dari empat sapi ini dua diantaranya berjenis Persilangan Ekstrim Limusin dan Jawa yang masing-masing mempunyai bobot sekitar 1,25 ton. Sedangkan, dua sapi lagi berjenis Kerman PO yang bobotnya kurang lebih 1 ton.

Lebih lanjut, Wahudin menambahkan bila sapi dengan bobot lebih dari satu ton ini dirawat kelompok ternaknya sejak masih kecil dengan diberi makan Konsentrat dan rumput hijauan atau rumput gajah.

"Untuk pakanya, dalam sehari sebanyak 15 kilogram sentrat dan sekitar 10 kilogram rumput gajah," tambahnya.

Sementara itu, Ketua KTNA Kabupaten Tuban, Ali Imron, mengucapkan terima kasih kepada Kelompok Peternakan Jenggala Tani Bangkit yang turut berpartisipasi dalam kegiatan PEDA ke IV ini. 

"Terima kasih kepada kelompok peternakan dari Desa Talun yang sudah ikut berpartisipasi," pungkasnya.[hud/ito]