Petani Bawang Merah Harus Bisa Antisipasi Harga Saat Jelang Panen

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda berharap kepada petani yang mengembangkan tanaman Bawang Merah untuk bisa mengantisipasi harga saat menjelang panen. Hal itu dikarenakan ketika harga bawang merah hancur saat masa panen, petani tidak akan kembali modal.

Selain itu, Bupati dua periode ini juga mengharapkan agar para petani ini bisa menyesuaikan waktu penanaman bawang merah sampai menjelang panen apakah harga itu akan hancur atau sebaliknya.

"Petani bawang merah harus cerdas, harus bisa mengantisipasi harga saat menjelang masa panen," terang Bupati Tuban, Rabu (1/8/2018).

Lebih lanjut, orang nomor satu di Tuban itu juga menjelaskan bila lahan di Tuban cocok untuk pengembangan tanaman apapun, termasuk pengembangan tanaman bawang merah. Sehingga diperlukan adanya pendampingan dari dinas terkait untuk meningkatkan produktivitas.

"Petani dan pendamping perlu mendiskusikan terkait pengembangan itu, agar produktivitas meningkat" jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Tuban Ali Imron berharap, dengan adanya Pekan Daerah (Peda) Ke IV ini bisa menjadi pembelajaran bagi para petani. Terutama alih teknologi dari KTNA ini bisa ditransfer kepada petani untuk meningkatkan produktivitas.[hud/ito]