Kemenag Tuban Ajak Masyarakat Tuban Salat Sunnah Khusuf

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi pada, Sabtu (28/8/2019) dini hari. Pada fenomena itu, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, mengajak masyarakat Tuban untuk melaksanakan salat sunnah gerhana bulan (Khusuful Qomar).

Menurut Kasi Penyelengara Syari'ah Kemenag Tuban, Mashari, sebelum menunaikan salat sunnah Khusuf hendaknya terlebih dahulu menunaikan salat sunnah Qiyamullail berjamaah serta berdzikir.

"Mari ajak keluarga dan saudara-saudara umat islam untuk memanfaatkan fenomena alam ini dengan memperbanyak ibadah dan Tadabbur Alam," kata Mashari kepada blokTuban.com, Jumat (27/7/2018).

Lebih lanjut Mashari menambahkan, agar pada fenomena GBT ini diisi dengan hal-hal yang baik, seperti halnya berdzikir, membaca ayat suci Alquran serta memperbanyak sedekah. "Jadi fenomena ini perbanyak perbanyaklah dzikir dan sedekah," pungkasnya.

Menurutnya, berdasarkan dari Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) yang diterima Kemenag Tuban, gerhana akan mulai nampak pada pukul 00.13 WIB, gerhana sebagian mulai pukul 01.24 WIB, gerhana total mulai pukul 02.29 WIB, puncak gerhana pukul 03.21 WIB, gerhana total berakhir pukul 04.13 WIB, gerhana sebagian berakhir pukul 05.19 WIB, gerhana berakhir pukul 06.30 WIB. [hud/ito]