Gratis, Wisata Petik Jeruk di Prunggahan Kulon Dibanjiri Pengunjung

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa hari terakhir ini, di Kota Tua Tuban sebutan lain dari Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban telah resmi dibuka obyek wisata baru petik buah jeruk.

Diawal bukanya obyek wisata yang memiliki luar satu hektare tersebut, pemilik kebun, Listyo (47) mengaku menggeratiskan dan tidak memungut biaya sepeser pun bagi para pengunjung yang ingin masuk kekebun dan memetik buah jeruk untuk dimakan sepuasnya di kebun.

"Untuk awal saat ini kita tidak menarik tiket masuk bagi para pengunjung yang ingin masuk ke kebun," ujar Listyo saat ditemui blokTuban.com di kebun.

Namun, menurut Listyo bagi para pengunjung yang datang lalu memetik buah jeruk dan hendak membawanya pulang. Pengunjung diharuskan menimbang jeruknya dan membayarnya dengan harga Rp10.000 perkilogram.

"Kalau hendak dibawa pulang, jeruknya ditimbang dulu harganya kami patok 10.000 perkilogram," tambahnya.

Sementara itu, pengunjung asal Kabupaten Gresik Muadi (52) mengaku, ini baru yang pertama jauh-jauh datang ke Tuban bersama keluarga. Karena bertepatan sekeluarga libur semua, sehingga datang kesini untuk berlibur sambil memetik buah jeruk.

"Wisata semacam ini sangat menarik dan menghibur dan cocok untuk mengisi hari libur," ujar Muadi.

Pengunjung lain, Zumrotul asal Kelurahan Kingking, Kecamatan/Kabupaten Tuban mengaku datang ke sini pertama kalinya bersama sang anak. Dan anaknya senang bisa belajar memetik buah sendiri.

"Kebetulan hari libur dan anak saya ngajak kesini," ucap Zumrotul saat mendampingi anaknya memetik buah jeruk.

Lebih lanjut, Zumrotul mengaku saat masuk ke kekebun ini tidak dipungut biaya sama sekali, hanya saja mungkin nanti bila hendak di bawa pulang jeruk hasil petikanya baru ditimbang lalu dibayar.[hud/col]