PKK Tuban Nilai Lomba Green and Clean di Socorejo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) melakukan penilaian lomba tahunan Green and Clean tingkat Kabupaten di lingkungan Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Kamis (19/7/2018).

Dalam penilaian tersebut turut hadir Ketua Penggerak PKK Kabupaten Tuban Hj. Qodiriyah Fathul Huda, Camat Jenu, Moh. Maftuchin Riza, Ketua Penggerak PKK Kecamatan Jenu serta Ketua Penggerak Desa Socorejo dan seluruh anggotanya.

Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim dalam sambutanya menyampaikan, di tahun yang kedua mengikuti lomba PKK ini pihaknya bersama semua stakeholder dan pihak kecamatan melakukan gotong-royong untuk mempercantik lingkungan di Desa Socorejo.

"Pada lomba Green and Clean ini kita melakukan penghijauan lahan, pengecatan lingkungan, memperkenalkan Bank Sampah Desa Socorejo, serta mengenalkan produk-produk unggulan desa," kata Kades Socorejo.

Dalam kesempatan itu, Kades juga optimis dan yakin potensi yang ada di Desa Socorejo bisa menjadi yang terbaik di tingkat kabupaten dan bisa mewakili lomba Green and Clean di tingkat Provinsi Jawa Timur mendatang.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) 3 PKK Kabupaten Tuban, Tri Astuti Tajudin mengatakan, lomba ini untuk mendorong masyarakat hidup bersih dan sehat. Menurutnya ada beberapa indikator untuk menjadi juara pada lomba ini.

Yang pertama adalah penghijauan, dimana lingkungan atau dipekarangan rumah milik warga dimanfaatkan untuk menanam tanaman seperti sayur-sayuran atau tanaman-tanaman hias, indikator yang lain masyarakat juga harus berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Lingkungan desa serta kecamatan harus bersih dan hijau, tak kalah penting peran dan antusiasme warga juga menjadi indikator penilain pada lomba ini," pungkasnya.[hud/rom]