Semen Indonesia Gelar Bimbingan Manasik Haji Untuk 1.010 CJH Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 1.010 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tuban tahun 2018 mengikuti bimbingan manasik haji masal yang diselenggarakan oleh Semen Indonesia (SI) bersama Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban.

Bimbingan manasik haji masal yang diselenggarakan di Perumahan Dinas (Perumdin) Semen Gresik Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak tersebut turut dihadiri oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda, Ketua DPRD Kabupaten Tuban, H. Miyadi serta Direktur Utama (Dirut) Semen Gresik Syaifudin.

Kepala Kemenag Kabupaten Tuban, M. Syahid mengatakan, kegiatan manasik masal yang diselenggarakan bersama Semen Indonesia ini sudah berlangsung beberapa tahun ini, dan kegiatan ini merupakan praktek untuk memantapkan para CHJ di Kabupaten Tuban sebelum nantinya diberangkatkan pada 31 Juli.

"Kegitan ini merupakan praktek untuk pemantapan para CJH di Kabupaten Tuban," ujar M. Syahid kepada blokTuban.com, Selasa (17/7/2018).

Lebih lanjut, menurut Syahid pada tahun ini sebanyak 1.010 CJH asal Kabupaten Tuban akan diberangkatkan pada 31 Juli nanti yang terdiri dari tiga kloter, kloter 42 berjumlah 445 CJH dan Kloter 42 berjumlah 445 CJH sedangkat pada kloter 43 berjumlah hanya 120 orang sehingga digabung bersama CJH asal Pacitan, Bojonegoro dan Gresik.

"Dibanding tahun lalu, pada tahun ini jumlah CJH ada peningkatan dari tahun lalu 915 dan sekarang menjadi 1.010," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT. Semen Gresik Syaifudin, sangat mengapresiasi kerjasama yang dilakukan bersama dengan Kemenag Kabupaten Tuban ini.

“Semoga dengan mengikuti kegiatan praktek haji secara massal ini dapat semakin memantapkan niat dan semangat para calon jamaah haji khususnya dari Kabupaten Tuban dalam menjalankan ibadah di tanah suci Mekkah Al Mukaromah”, katanya.

Diketahui, dari sebanyak 1.010 CJH tersebut 31 CJH di antaranya adalah karyawan PT. Semen Indonesia.[hud/ito]