HIMAM Ajak Alumni Pesantren Melek Ekonomi

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Setelah dibentuk dan dilantik, Himpunan Alumni Pondok Pesantren Mambaus Sholihin (HIMAM) Tuban mengajak alumni pesantren untuk melek ekonomi dan melakukan usaha produktif. Selama ini, para Alumni Tuban telah mengembangkan budidaya melon dan pemasaran air minum produksi pesantren dalam mengembangkan perekonomian alumni pesantren.

“Semoga setelah dilantik, PD Himam Tuban mampu memberikan kemajuan untuk pesantren menjadi bagian sayap dari pondok pesantren Mambaus Sholihin 8,’’ ujar Ketua PD Himam Tuban, Abdul A’la.

Karena itu, dalam pelantikan yang sudah dilaksanakan Sabtu (14/7/2018) lalu itu,  juga digelar acara istihlal menyambut pembukaan tahun ajaran baru SMP Mambaus Sholihin . Pelantikan pengurus masa khidmat 2018-2021 bertempat di aula Ponpes Mambaus Sholihin 8, Desa Katerban Kecamatan Katerban Senori.

Pelantikan dihadiri ratusan alumni yang tersebar di kabupaten Tuban. Bupati Tuban Fathul Huda juga hadir bersama, Forkopimka Senori, anggota DPRD Tuban, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

"Alhamdulillah tingkat kehadiran  saat pentikan 100 persen,’’ tambah A’la.

Dengan terbentuknya kepengurusan PD HIMAM di daerah, kata dia, sebagai pelaksana menyongsong sistem perekonomian pesantren. Santri asal Singgahan ini mengatakan, ingin menumbuhkan semangat dalam mengembangkan sistem perekonomian pesantren untuk menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA) melalui program-programnya.

‘’Khususnya bidang pendidikan, dakwah dan ekonomi,” kata dia.[ono]