Empat Musim Gagal, Akhirnya Petani di Kenongosari Bisa Panen

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Petani yang berada di Desa Kenongosari, Kecamatan Soko bisa tersenyum lega melihat tanaman padi mereka bisa dipanen. Sebab, selama empat musim dalam dua tahun belakangan ini para petani setempat tak banyak menuai hasil lantaran gagal panen.

‎Salah satu petani setempat, Sutaji ketika dijumpai blokTuban.com mengatakan jika lahan persawahan di sekitar Desa Kenongosari memasuki masa panen sepekan terakhir.

"Alhamdulillah bisa panen, meskipun hasilnya nggak cukup baik," ungkap Sutaji usai mengangkut hasil panen‎ padi ke tepi jalan raya, Selasa (10/7/2018).

Dengan hasil yang bisa dikatakan standar, tak cukup baik juga tak buruk amat, Dia mengucap syukur atas keadaan tersebut. Hal itu lebih baik dari pada keadaan panen tahun-tahun lalu, yang mana hasil panen tak keluar sampai 50 persen dari ‎total panen biasanya.

"Kendalanya ya itu, tikus. Hama yang suka nyisakan padi sebelum dipanen pemiliknya," tambahnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Sriatun, warga lain yang baru akan memanen tanaman padinya dalam hitungan hari kedepan. Menurutnya, hasil tanam kali ini terus membaik dari kejadian gagal panen raya 2 tahun belakangan.

"Sudah syukur bisa panen sekarang ini. Tahun-tahun dulu banyak petani yang kecewa," terang Sriatun kepada blokTuban.com. [feb/col]