Pertida Tuban Berangkat, Sekda Harap Peserta Optimalkan Potensi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, Senin (09/07/2018) memberangkatkan rombongan kontingen Kabupaten Tuban pada kegiatan Perkemahan Bhakti Satuan Karya Pramuka Bhakti Husada (Pertida) ke-VI tingkat Jawa Timur.

Dalam pemberangkatan itu, Sekda menyampaikan, bahwa gerakan Pramuka menjadi salah satu wadah penguatan karakter untuk generasi bangsa. Oleh karena itu, dengan mengikuti kegiatan Pertida ini diharapkan dapat menyalurkan potensi yang kaitanya dengan kepramukaan dan kesehatan.

"Dengan mengikuti Pertida ini, peserta yang notabenenya adalah generasi muda dapat menyalurkan potensi serta saling bertukar informasi mengenai kondisi kesehatan di masing-masing wilayah di Jawa Timur," kata Sekda Kabupaten Tuban

Sekda juga meminta agar Dinas Kesehatan sebagai Leading Sector dapat memaksimalkan event ini. Dalam arti dapat mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan kontingen dari Tuban, sehingga dapat ditingkatkan lebih baik lagi.

Lebih lanjut, mantan Kepala Bappeda Tuban tersebut menginstruksikan untuk terus mengoptimalkan peranan anggota Pramuka untuk mendukung program pemerintah. Hal itu sebagai wujud kepedulian anggota Pramuka kepada masyarakat.

Sekda juga menyampaikan kepada seluruh peserta dan pendamping kontingen Pertida untuk terus bersemangat dalam berkompetisi, serta menjadi duta untuk memperkenalkan dan mempromosikan Kabupaten Tuban.

"Diharapkan, kontingen Bumi Wali dapat meraih juara dan mengharumkan nama Kabupaten Tuban di tingkat Provinsi," terangnya.

Diketahui, kontingen Pertida tersebut berjumlah 24 peserta yang terbagi menjadi satu regu putra dan putri beserta pendamping. Sebelum diberangkatkan, para peserta telah mengikuti pembinaan rutin meliputi materi kepramukaan, kesehatan, seni dan kebudayaan selama 1,5 bulan.[hud/col]