Limbah di Dalam Pabrik Pupuk Koro Terbakar

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Tumpukan limbah dan sampah di pabrik pupuk Petroganik di Dusun Koro, Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, terbakar, Kamis (5/7/2018).

Kronologis kejadian menurut warga, kebakaran terjadi sekitar pukul 16:30 WIB. Diduga berasal dari aktivitas pemotongan besi yang dilakukan untuk mengolah limbah berupa besi dan sejenisnya yang sudah tidak terpakai.

Meskipun pabrik pengolahan pupuk, di dalam lokasi pabrik memang dijumpai beberapa tumpukan besi, ban, atau rongsokan mobil yang tidak terpakai.

"Tadi ada yang motong-motong besi di situ, mungkin masih ada apinya sehingga mengenai benda yang lain," kata Dul Kamojen (70), seorang warga.

Saat terbakar, asap hitam terlihat membumbung karena api juga menyambar ban bekas. Warga sempat heboh dan langsung mendatangi lokasi pabrik untuk melihat kebakaran dari dekat.

Api sempat berusaha dipadamkan dengan mengurai tumpukan limbah menggunakan alat berat. Selang beberapa lama, satu unit mobil pemadam kebakaran juga turun ke lokasi untuk melakukan pemadaman api. [pur/col]