Silog Janji Akan Realisasikan Tuntutan Pendemo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Warga Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban yang dipelopori Karang Taruna (Kartar) desa setempat melakukan aksi demo di depan Kantor PT. Semen Indonesia Logistik (Silog), Selasa (3/7/2018).

Dalam aksinya tersebut mereka menyampaikan tujuh tuntutan kepada management PT. Silog. Puas menyampaikan tuntutanya, mereka kemudian mendatangi balai desa setempat untuk mediasi bersama Pemerintah Desa (Pemdes) serta pihak perusahaan terkait.

"Kami membawa tujuh tuntutan, di antaranya agar dua warga Socorejo yang di PHK sepihak dipertahankan, dan rekrutmen tenaga kerja PT. Silog dilakukan dengan transparan," ujar Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi, Ainurrofah (22).

Sementara itu, Biro Pengelolaan Aset dan Umum PT. Semen Indonesia Logistik (Silog), Heru Sarjono mengatakan, pihaknya telah menerima perwakilan demonstran untuk mengambil kesepakatan bersama dengan Pemerintah Desa (Pemdes).

Menurutnya, ini merupakan miskomunikasi sehingga ke depan pihaknya akan lebih intensif lagi untuk berkoordinasi dengan pihak desa. Kemudian dari kesepakatan ini tuntutan para aksi demo akan direalisaikan. "Tadi sudah dibahas bersama dan sudah didapat solusinya," kata Heru Sarjono.

Lebih lanjut, untuk rekrutmen tenaga kerja nanti akan disampaikan kepada warga ring 1, terkait dengan dua warga yang dipindah tugaskan di Rembang maka akan dipekerjakan kembali di Tuban.

Sedangkan untuk pencemaran lingkungan tadi juga telah dibahas begitu juga dengan oli bekas nanti akan kembali diberikan kepada nelayan. "Sudah tidak ada masalah, tadi sudah kita bahas bersama-sama," pungkasnya.

Diketahui, tujuh tuntutan aksi demo, yakni: rekrutmen tenaga kerja harus transparan, setiap lowongan tenaga kerja harus diberitahukan melalui karang taruna, 50 persen tenaga kerja baru wajib dari ring satu desa Socorejo, Mempertahankan dua orang warga Socorejo untuk tetap bekerja, PT. Silog harus melaksanakan normalisasi sungai di sekitar Desa Socorejo, akibat pencemaran yang diakibatkan oleh aktifitas perusahaan, oli dikembalikan atau diberikan kepada nelayan, pekerjaan yang ditangani PT Silog di Pelabuhan PT Semen Indonesia harus ada komitmen dengan Pemdes Socorejo.[hud/col]