Tingkat Partisipasi Pemilih Tidak Sesuai Target

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Tuban pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur tahun 2018, yang berlangsung pada Rabu (27/6/2018) kemarin, mengalami peningkatan dibandingkan dengan pilkada di periode-periode sebelumnya.

Meski begitu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban tidak mengelak jika partisipasi pemilih di Kabupaten Tuban pada pilgub tahun 2018 kali ini tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan, yakni 70 persen.

"Berdasarkan hasil sementara ini saat KPU membuat sejumlah sampel di beberapa TPS yang ada di Tuban jumlah partisipasi pemilih ada peningkatan dibandingkan pilgub sebelumnya," ujar Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban Divisi Teknis, Salamun, Kamis (28/6/2018).

Salamun menambahkan, sebelumnya upaya untuk menekan angka golput ini KPUD Tuban juga telah maksimal, yakni dengan melakukan sosialisasi kepada pemilih, baik itu pemilihan pemula, komunitas-komunitas, pemilih sebelumnya serta tokoh-tokoh masyarakat.

Selanjutnya untuk secara teknis, tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur Jatim sudah berjalan dengan baik dan lancar. Namun masih ada sejumlah tahapan yang saat ini tengah disusun di antaranya mengelar rapat pleno KPU. Pleno sendiri rencananya akan diselenggarakan dalam Minggu ini, setelah rekapan di tahap kecamatan usai.

"Alhamdulillah pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jatim berjalan lancar tidak ada kendala, kemarin saat pemilihan juga ada beberapa petugas KPPS kami di lapangan yang sedikit gugup, tetapi itu sudah bisa kita atasi,"kata Komisioner KPU Tuban tersebut.[hud/ito]