Sekda Intruksikan Pelaksana Smart City Buat Roadmap

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di ruang rapat Setda Kabupaten Tuban, Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana menginstruksikan kepada Dewan dan Tim Pelaksana Smart City bekerja dengan maksimal.

Hal tu disampaikan Sekda saat memberikan pengarahan kepada Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia yang dirangkai dalam acara pembentukan Dewan dan Tim Pelaksana Smart city Kabupaten Tuban, Selasa (26/06/2018).

Sekda menyampaikan, untuk memaksimalkan itu perlu dibentuk tim khusus yang fokus pada perkembangan dan pelaksanaan Smart City, dimana tim tersebut terdiri dari orang-orang yang kompeten dan menjadi ‘Dapur’ dari Dewan dan Tim Pelaksana.

"Perlu dibentuk tim kecil yang khusus dan fokus pada perkembangan dan pelaksanaan smart city Kabupaten Tuban,” ungkap Sekda.

Sekda menjelaskan, selain itu, perlu juga adanya Roadmap atau perencanaan yang konkrit berisi detail tentang pencapaian dan rentan waktu. Roadmap tersebut akan menjadi dasar peninjauan dan evaluasi terkait pengembangan Smart City Kabupaten Tuban.

Mantan Kepala Bappeda Tuban ini menambahkan, terkait dengan Sumber Daya Manusia (SDM), Sekda mengatakan akan mengoptimalkan peranan ASN yang kompeten. “Selain itu, juga akan memaksimalkan tenaga Non-PNS kabupaten Tuban untuk mendukung program ini,” imbuh Sekda.

Guna mendorong percepatan smart city hingga menyentuh desa-desa se-Kabupaten Tuban, Sekda Tuban juga akan melibatkan pihak lain yang meliputi akademisi dari perguruan tinggi maupun SMK di Kabupaten Tuban serta dan tenaga ahli. 

“Kedepan bila ada penerimaan, maka akan diprioritaskan pada bidang-bidang yang berkaitan dengan pengembangan smart city Kabupaten Tuban,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tuban, Hery Prasetyo menjelaskan, Kabupaten Tuban telah melalui proses Assesment yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI. 

Dijelaskanya, dari 500 lebih Kabupaten/Kota di indonesia, Tuban dinyatakan lolos menjadi 100 Kabupaten/Kota yang akan memiliki Master Plan pembangunan Smart City.

Setelah dibentuk Dewan dan Tim Pelaksana, rencananya pada tanggal 2 dan 3 Juli 2018, Kabupaten Tuban akan menerima kunjungan tim khusus dari Ditjen Aplikasi Informatika, Kemkominfo. "Dua kabupaten yang dikunjungi tim khusus, yaitu Kabupaten Tuban dan Probolinggo,” pungkas Hery.[hud/col]