Panen Raya Karangtinoto Satu Hektar Bisa Dapatkan 10 Ton Lebih

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pertengahan tahun 2018 merupakan musim kemarau. Meski demikian, masih ada beberapa lahan pertanian warga yang masih dapat melakukan panen raya di sela kemarau ini.

Salah satunya dapat dilihat pada lahan pertanian di Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel. Penuturan warga dan petani setempat, proses panen padi telah berlangsung sekitar 5 hari yang lalu.

Istimewanya lagi, hasil panen yang cukup melimpah di tengah sulitnya kondisi saat ini membuat wajah para petani nampak bungah sumringah. Hal itu dibuktikan dengan hasil panen yang keluar paska ditebas dan diolah menggunakan mesin Dos, yang keluar sampai 10 Ton gabah per satu hektare (ha), sedangkan rata-rata hasil tebas di wilayah lain per hektarnya hanya dapat paling banyak 8 Ton.

"Hasil panennya melimpah. Satu hektar saja bisa keluar sepuluh sampai dua belas ton lebih," ujar Sukirjan, petani setempat kepada blokTuban.com, Selasa (26/6/2018).

Menurutnya, hasil melimpah olah lahan pertanian itu didukung oleh pengairan yang bagus dari organisasi Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA) Tirtotinoto desa setempat.

"Kita selalu upayakan yang terbaik untuk masyarakat tani disini Mas. Alhamdulillah, setiap panen selalu bagus hasil padinya," ungkap Kasmaji yang merupakan anggota HIPPA Tirtotinoto di bagian pompa 2. [feb/ito]