Bupati: Rasa Aman Bagian dari Keberhasilan Pilgub

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di Alun-alun, Polres Tuban bersama Perlindungan Masyarakat (Linmas) se-Kabupaten Tuban melaksanakan apel persiapan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur tahun 2018, Senin (25/06/2018).

Dalam apel tersebut Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengapresiasi langkah Polri, TNI, Linmas serta seluruh Stakeholder dalam pengamanan Pilgub Jatim yang akan digelar Rabu (27/6/2018) mendatang.

"Saya yakin semua stakeholder sudah siap melaksanakan Pilgub Jatim tahun 2018 ini," terang Bupati Tuban.

Menurutnya, pengamanan yang dilakukan ini merupakan upaya menyelenggarakan Pilgub Jatim yang aman, baik sebelum pelaksanaan, saat pelaksanaan, maupun pasca pelaksanaan agenda politik lima tahunan ini.

Lebih lanjut, salah satu indikator keberhasilan penyelenggaran pemilu diukur dari partisipasi masyarakat, dan kondisi masyarakat yang aman selama pilkada berlangsung. "Saya mengimbau, agar tetap menjaga kesiapsiagaan selama proses pilkada berlangsung," imbaunya.

Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, selaku pembina apel juga menyampaikan, dalam rangka mensukseskan Pilgub Jatim Polres Tuban telah bekerjasama dengan TNI, Linmas dan instansi terkait, hal ini sebagai upaya untuk menjaga kondisi Bumi Wali tetap kondusif.

Mantan Kasubdit III Ditreskrimum Polda Jateng itu menambahkan, pada pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 ini, satu personel polri akan menjaga 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) bersama 8 Linmas.

"Jika ditemukan adanya penyelewengan atau pelanggaran, polri akan melakukan penindakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Personel polri juga dilarang mencatat dan mendokumentasikan hasil pemungutan suara," tegas Kapolres.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban, Kasmuri usai apel menyampaikan, pihaknya telah siap menyelenggarakan Pilkada Jatim 2018. Logistik pilkada juga sudah disalurkan ke kecamatan-kecamatan dan ditargetkan sampai di tiap TPS pada hari Selasa besok.

Lebih lanjut, pada Pilgub Jatim 2018, kurang lebih 900 ribu orang yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan memberikan suaranya di 2006 TPS yang tersebar di Kabupaten Tuban.

"Kami juga telah menyiapkan surat suara cadangan sejumlah 2,5 persen dari total DPT," jelas Kasmuri.

Selanjutnya Kasmuri menambahkan, telah menyiapkan tim TPS Mobile bagi pemilih yang tidak memberikan suaranya di TPS di daerahnya. Di antaranya untuk pekerja rumah sakit, pasien dan keluarga, serta tahanan.

"Hal itu sebagai wujud komitmen KPU Tuban dalam memperjuangkan hak konstitusi pemilih di Tuban," pungkas Kasmuri.

Diketahui dalam apel persiapan Pilgub Jatim 2018 tersebut, dihadiri Bupati Tuban, H. Fathul Huda, Forkopimda, Ketua KPU serta Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban. [hud/rom]