Musim Kemarau Namun Turun Hujan, Ternyata Ini Penyebabnya

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Cuaca di Kabupaten Tuban diperkirakan bakal hujan sedang pada Ahad (24/6/2018) siang. Sedangkan malam harinya nanti akan diperkirakan cerah berawan. 

Hal itu berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk wilayah Kabupaten Tuban, sebagaimana dimuat di laman bmkg.go.id. Ahad pagi. 

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, suhu udara di siang hari diperkirakan mencapai 31°C, suhu terendah 23°C dan kelembaban udara 65%. Sementara arah angin dari ENE (East-Northeast) dengan kecepatan 28 km/jam.

Pada malam hari, suhu udara di antara 25°C dan kelembaban udara 90%. Sedangkan arah angin dari NW dari (Northwest) dengan kecepatan 19km/jam.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tuban, Joko Ludiono kepada wartawan media ini mengatakan, berdasarkan klimatologis, Tuban sudah masuk musim kemarau. Tapi dinamika atmosfer masih menghangatnya suhu muka laut (SST) menyebabkan pasokan uap air untuk pertumbuhan awan hujan menjadi signifikan.

"Diprediksi hari ini, Jatim atau Tuban akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat," kata Joko, sapaan akrab pria yang pernah menjabat sebagai Camat Grabagan itu. [rof/col]