KPU Tuban Gelar Simulasi pemungutan dan Penghitungan Suara

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga Tuban, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar simulai pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018.

Dalam kegiatan itu, masyarakat datang dari berbagai unsur mulai dari pemilih pemula, penyandang disabilitas, dan pemilih yang usianya tua. Dikegiatan itu, mereka juga diarahkan bagaimana mekanisme pemungutan suara dari awal sampai selesai.

Salah satu warga yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, Evi Fibiastuti (41) mengatakan, kegiatan ini sangat perlu diadakan agar warga tahu bagaimana tata cara pemungutan dan penghitungan suara saat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti.

"Simulasi ini penting, terutama bagi para pemilih pemula," ujar perempuan asal Kelurahan Sidomulyo tersebut, Rabu (13/6/2018)

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu warga penyandang disabilitas Fira Fitria, ia mengaku kegiatan simulasi ini sangat penting di samping itu tempat untuk simulasi juga sudah baik. "Simulasi ini bagus untuk diselenggarakan, harapanya semoga besok TPSnya dibuat lebih mudah digunakan," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu Komisioner KPU Tuban, Yayuk Dwi A mengatakan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini sengaja diselenggarakan di GOR hal itu dikarenakan setiap sore banyak masyarakat yang melakukan kegiatan ngabuburit.

"Kita berharap masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini bisa langsung melakukan mekanisme proses pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS," pungkasnya.

Dari pantauan blokTuban.com, dalam kegiatan itu, KPU Kabupaten Tuban juga menyiapkan bingkisan kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi di kegiatan tersebut.[hud/col]