10 Tips Mencegah Kebakaran Rumah Saat Mudik

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Lebaran Idul Fitri 1439 H / 2018 M sudah dekat. Sebagaian besar masyarakat pulang ke kampung halaman untuk merayakan bersama keluarga.

Saat ditinggal mudik, pasti rumah keadaan kosong tidak berpenghuni. Sehingga untuk menjaga keamanan ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum rumah dikosongkan.

Berkaitan dengan pencegahan bahaya kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban memberikan tips aman untuk rumah yang ditinggalkan dengan waktu cukup lama.

"Ada 10 tips cara mencegah kebakaran rumah saat mudik," kata Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono, kepada blokTuban.com

Mantan Camat Grabagan itu menjelaskan, hal pertama yang harus diperhatikan saat meninggalkan rumah adalah mematikan semua aliran listrik dan alat elektronik. Tips ke dua, jika mudik cukup lama lemari es agar dikosongkan, kemudian arus listriknya diputus. Selanjutnya,  tempat penampungan air hendaknya dikosongkan. Sekalian arus listrik ke pompa air untuk dimatikan juga.

Yang harus dilakukan berikutanya, kabel yang berserakan harus dirapikan sebelum ditinggal. Terutama kabel yang berada di bawah karpet atau benda lain. Yang ke lima dan ke enam, steker (colokan) yang masih menempel di stop kontat harus dicabut. Kemudian lampu ruangan semua harus dimatikan

"Gunakan lampu LED dengan sensor otomatis yang dapat diatur jam kerjanya," pinta Joko.

Tips ke tujuh dan ke delapan, regulator kompor gas harus dicabut. Kemudian tabung gas ditutup rapat. Yang ke sembilan, hendaknya tabung gas disimpan di ruangan yang sikulasi udaranya stabil. Larangan keras tabung kas disimpan ditempat yang langsung terkena sinar matahari.

"Tips terakhir, bila anda perokok aktif, pastikan putung rokok yang ditinggalkan benar-benar padam," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]